SEJARAH DAN PERKEMBANGAN ARSITEKTUR DI INDONESIA
Sejarah Arsitektur Indonesia
Asitektur Indonesia terdiri dari klasik-tradisional, vernakular dan bangunan baru
kontemporer. Arsitektur klasik-tradisional adalah bangunan yang dibangun oleh
zaman kuno. Arsitektur vernakular juga bentuk lain dari arsitektur tradisional,
terutama bangunan rumah hunian, dengan beberapa penyesuaian membangun
oleh beberapa generasi ke generasi. Arsitektur Baru atau kontemporer lebih
banyak menggunakan materi dan teknik konstruksi baru dan menerima pengaruh
dari masa kolonial Belanda ke era pasca kemerdekaan. Pengenalan semen dan
bahan-bahan modern lainnya dan pembangunan dengan pertumbuhan yang cepat
telah menghasilkan hasil yang beragam.
Arsitektur Klasik Indonesia
Ciri khas arsitektur klasik Indonesia dapat dilihat paada bangunan candi dengan
struktur menaranya. Candi Buddha dan Hindu dibangun dari batu, yang dibangun
di atas tanah dengan cirikhas piramida dan dihiasi dengan relief. Secara simbolis,
bangunan adalah sebagai representasi dari Gunung Meru yang legendaris, yang dalam mitologi Hindu-Buddha diidentifikasi sebagai kediaman para dewa. Candi Buddha Borobudur yang terkenal dari abad ke-9 dan Candi Prambanan bagi umat Hindu di Jawa Tengah juga dipenuhi dengan gagasan makro kosmos yang direpresentasiken dengan sebuah gunung. Di Asia Timur, walau dipengaruhi oleh budaya India, namun arsitektur Indonesia (nusantara) lebih mengedapankan elemen-elemen masyarakat lokal, dan lebih tepatnya dengan budaya petani.
di atas tanah dengan cirikhas piramida dan dihiasi dengan relief. Secara simbolis,
bangunan adalah sebagai representasi dari Gunung Meru yang legendaris, yang dalam mitologi Hindu-Buddha diidentifikasi sebagai kediaman para dewa. Candi Buddha Borobudur yang terkenal dari abad ke-9 dan Candi Prambanan bagi umat Hindu di Jawa Tengah juga dipenuhi dengan gagasan makro kosmos yang direpresentasiken dengan sebuah gunung. Di Asia Timur, walau dipengaruhi oleh budaya India, namun arsitektur Indonesia (nusantara) lebih mengedapankan elemen-elemen masyarakat lokal, dan lebih tepatnya dengan budaya petani.
Budaya Hindu paling tidak 10 abad telah mempengaruhi kebudayaan Indonesia
sebelum pengaruh Islam datang. Peninggalan arsitektur klasik (Hindu-Buddha)
di Indonesia sangat terbatas untuk beberapa puluhan candi kecuali Pulau Bali
yang masih banyak karena faktor agama penduduk setempat.
Arsitektur tradisional dan vernakular di Indonesia berasal dari dua sumber.
Pertama adalah dari tradisi Hindu besar dibawa ke Indonesia dari India melalui
Jawa. Yang kedua adalah arsitektur pribumi asli. Rumah-rumah vernakular yang
kebanyakan ditemukan di daerah pedesaan dibangun dengan menggunakan
bahan-bahan alami seperti atap ilalang, bambu, anyaman bambu, kayu kelapa,
dan batu. Bangunan adalah penyesuain sepenuhnya selaras dengan lingkungan
sekitar. Rumah-rumah di pedalaman di Indonesia masih banyak yang menggunakan
bambu, namun dengan seiring dengan proses modernisasi, bangunan-bangunan
bambu ini sedikit demi sedikit diganti dengan bangunan dinding bata.
Bangunan vernakular yang tertua di Indonesia saat ini tidak lebih dari sekitar 150
tahun usianya. Namun dari relief di dinding abad ke-9 di candi Borobudur di Jawa
Tengah mengungkapkan bahwa ada hubungan erat dengan arsitektur rumah
vernakular kontemporer yang ada saat ini. Arsitektur vernakular Indonesia juga
mirip dengan yang dapat ditemukan di seluruh pulau-pulau di Asia Tenggara.
Karakteristik utamanya adalah dengan digunakannya lantai yang ditinggikan
(kecuali di Jawa), atap dengan kemiringan tinggi menyerupai pelana dan
penggunaan material dari kayu dan bahan organik tahan lama lainnya.
Pengaruh Islam dalam Arsitektur
Budaya Islam di Indonesia dimulai pada tahun 13 Masehi ketika di Sumatra
bagian utara muncul kerajaan Islam Pasai di 1292. Dua setengah abad kemudian
bersama-sama juga dengan orang-orang Eropa, Islam datang ke Jawa. Islam tidak
menyebar ke kawasan Indonesia oleh kekuatan politik seperti di India atau Turki
namun lebih melalui penyebaran budaya. Budaya Islam pada arsitektur Indonesia
dapat dijumpai di masjid-masjid, istana, dan bangunan makam.
Menurunnya kekuatan kerajaan Hindu Majapahit di Jawa menandai bergantinya
periode sejarah di Jawa. Kebudayaan Majapahit tersebut meninggalkan
kebesarannya dengan dengan serangkaian candi-candi monumental sampai abad
keempat belas. Meskipun demikian, tidak berarti bahwa "Zaman Klasik" di Jawa
ini kemudian diganti dengan zaman "biadab" dan juga bukanlah awal dari
"Abad Kegelapan". Selanjutnya kerajaan-kerajaan Islam melanjutkan budaya
lama Majapahit yang mereka adopsi secara jenius. "New Era" selanjutnya
menghasilkan ikon penting seperti masjid-masjid di Demak, Kudus dan Banten
pada abad keenam belas. Juga dengan situs makam Imogiri dan istana-istana
Yogyakarta dan Surakarta pada abad kedelapan belas. Fakta sejarah
menunjukkan bahwa Islam tidak memperkenalkan bentuk-bentuk fisik baru dan
ajaran-ajarannyapun diajarkan lebih dalam cara-cara mistis oleh para sufi, atau
dengan kata lain melalui sinkretisme, sayangnya hal inilah yang mempengaruhi
‘gagal’nya Islam sebagai sebuah sistem baru yang benar-benar tidak
menghapuskan warisan Hindu ( lihat Prijotomo, 1988).
1. masjid kudus
Penyebaran Islam secara bertahap di kawasan Indonesia dari abad ke-12 dan
seterusnya dengan memperkenalkan serangkaian penting pengaruh arsitektur.
Namun, perubahan dari gaya lama ke baru yang lebih bersifat ideologis baru kemudian teknologi. Kedatangan Islam tidak mengarah pada pengenalan bangunan yang sama sekali baru, melainkan melihat dan menyesuaikan bentuk- bentuk arsitektur yang ada, yang diciptakan kembali atau ditafsirkan kembali sesuai persyaratan dalam Islam. Menara Kudus, di Jawa Tengah, adalah contoh dalam kasus ini. Bangunan ini sangat mirip dengan candi dari abad ke-14 di era kerajaan Majapahit, menara ini diadaptasi untuk kepentingan yang lebih baru dibangun masjid setelah runtuhnya kerajaan Majapahit. Demikian pula, masjid-masjid di awal perkembangan Islam di Indonesia murni terinspirasi dari tradisi bangunan local yang ada di Jawa, dan tempat lain di Nusantara, dengan empat kolom utama yang mendukung atap tengahnya. Dalam kedua budaya ini empat kolom utama atau Saka Guru mempunyai makna simbolis.
Namun, perubahan dari gaya lama ke baru yang lebih bersifat ideologis baru kemudian teknologi. Kedatangan Islam tidak mengarah pada pengenalan bangunan yang sama sekali baru, melainkan melihat dan menyesuaikan bentuk- bentuk arsitektur yang ada, yang diciptakan kembali atau ditafsirkan kembali sesuai persyaratan dalam Islam. Menara Kudus, di Jawa Tengah, adalah contoh dalam kasus ini. Bangunan ini sangat mirip dengan candi dari abad ke-14 di era kerajaan Majapahit, menara ini diadaptasi untuk kepentingan yang lebih baru dibangun masjid setelah runtuhnya kerajaan Majapahit. Demikian pula, masjid-masjid di awal perkembangan Islam di Indonesia murni terinspirasi dari tradisi bangunan local yang ada di Jawa, dan tempat lain di Nusantara, dengan empat kolom utama yang mendukung atap tengahnya. Dalam kedua budaya ini empat kolom utama atau Saka Guru mempunyai makna simbolis.
Gaya Belanda dan Hindia Belanda
Pengaruh Barat di mulai jauh sebelum tahun 1509 ketika Marco Polo dari Venesia
melintasi Nusantara di 1292 untuk kegiatan perdagangan. Sejak itu orang-orang Eropa berusaha untuk merebut kendali atas perdagangan rempah-rempah yang sangat menguntungkan. Portugis dan Spanyol, dan kemudian Belanda, memperkenalkan arsitektur mereka sendiri dengan cara awal tetap menggunakan
berbagai elemen arsitektur Eropa, namun kemudian dapat beradaptasi dengan tradisi arsitektur lokal. Namun proses ini bukanlah sekadar satu arah: Belanda kemudian mengadopsi unsur-unsur arsitektur pribumi untuk menciptakan bentuk yang unik yang dikenal sebagai arsitektur kolonial Hindia Belanda. Belanda juga sadar dengan mengadopsi arsitektur dan budaya setempat kedalam arsitektur tropis baru mereka dengan menerapkan bentuk-bentuk tradisional ke dalam cara-cara modern termasuk bahan bangunan dan teknik konstruksi.
melintasi Nusantara di 1292 untuk kegiatan perdagangan. Sejak itu orang-orang Eropa berusaha untuk merebut kendali atas perdagangan rempah-rempah yang sangat menguntungkan. Portugis dan Spanyol, dan kemudian Belanda, memperkenalkan arsitektur mereka sendiri dengan cara awal tetap menggunakan
berbagai elemen arsitektur Eropa, namun kemudian dapat beradaptasi dengan tradisi arsitektur lokal. Namun proses ini bukanlah sekadar satu arah: Belanda kemudian mengadopsi unsur-unsur arsitektur pribumi untuk menciptakan bentuk yang unik yang dikenal sebagai arsitektur kolonial Hindia Belanda. Belanda juga sadar dengan mengadopsi arsitektur dan budaya setempat kedalam arsitektur tropis baru mereka dengan menerapkan bentuk-bentuk tradisional ke dalam cara-cara modern termasuk bahan bangunan dan teknik konstruksi.
2. Gereja Bleduk
Bangunan kolonial di Indonesia, terutama periode Belanda yang sangat panjang
1602 - 1945 ini sangat menarik untuk menjelajahi bagaimana silang budaya
antara barat dan timur dalam bentuk bangunan, dan juga bagaimana Belanda
mengembangkan aklimatisasi bangunan di daerah tropis. Menurut Sumalyo (1993),
arsitektur kolonial Belanda di Indonesia adalah fenomena budaya unik yang pernah ditemukan di tempat lain maupun di tanah air mereka sendiri. Bangunan-bangunan tesebut adalah hasil dari budaya campuran kolonial dan budaya di Indonesia.
arsitektur kolonial Belanda di Indonesia adalah fenomena budaya unik yang pernah ditemukan di tempat lain maupun di tanah air mereka sendiri. Bangunan-bangunan tesebut adalah hasil dari budaya campuran kolonial dan budaya di Indonesia.
Perbedaan konsep Barat dan Indonesia ke dalam arsitektur adalah terletak pada
korelasi antara bangunan dan manusianya. Arsitektur Barat adalah suatu
totalitas konstruksi, sementara itu di Timur lebih bersifat subjektif, yang lebih
memilih penampilan luar terutama façade depan. Kondisi alam antara sub-tropis
Belanda dan tropis basah Indonesia juga merupakan pertimbangan utama
bangunan Belanda di Indonesia.
Sebenarnya, Belanda tidak langsung menemukan bentuk yang tepat untuk
bangunan mereka di awal perkembangannya di Indonesia. Selama awal kolonisasi
Eropa awal abad 18, jenis bangunan empat musim secara langsung dicangkokkan
Belanda ke iklim tropis Indonesia. Fasade datar tanpa beranda, jendela besar,
atap dengan ventilasi kecil yang biasa terlihat di bagian tertua kota bertembok
Belanda, juga digunakan seperti di Batavia lama (Widodo, J. dan YC. Wong 2002).
Menurut Sumintardja, (1978) VOC telah memilih Pulau Jawa sebagai pusat
kegiatan perdagangan mereka dan bangunan pertama dibangun di Batavia sebagai
benteng Batavia. Di dalam benteng, dibangun rumah untuk koloni, memiliki
bentuk yang sederhana seperti rumah asli di awal tapi belakangan diganti
dengan rumah gaya Barat (untuk kepentingan politis). Dinding batu bata rumah,
mereka mengimpor bahan langsung dari Belanda dan juga dengan atap genteng
dan interior furniture. Rumah-rumah yang menjadi tradisi pertama rumah-rumah
tanpa halaman, dengan bentukan memanjang seperti di Belanda sendiri. Rumah-
rumah ini ada dua lantai, sempit di façade tapi lebar dalam. Rumah tipe ini
selanjutnya banyak digunakan oleh orang-orang cina setelah orang Belanda
beralih dengan rumah-rumah besar dengan halaman luas. Rumah-rumah ini
disebut sebagai bentuk landhuizen atau rumah tanpa beranda dalam periode awal,
setelah mendapat aklimatisasi dengan iklim setempat, rumah-rumah ini dilengkapi
dengan beranda depan yang besar seperti di aula pendapa pada bangunan
vernakular Jawa.
Pada awalnya, rumah-rumah ini dibangun dengan dua lantai, setelah mengalami
gempa dan juga untuk tujuan efisiensi, kemudian rumah-rumah ini dibangun
hanya dalam satu lantai saja. Tetapi setelah harga tanah menjadi meningkat,
rumah-rumah itu kembali dibangun dengan dua lantai lagi.
Penentuan desain arsitektur menjadi lebih formal dan ditingkatkan setelah
pembentukan profesi Arsitek pertama di bawah Dinas Pekerjaan Umum (BOW)
pada 1814-1930. Sekitar tahun 1920-an 1930-an, perdebatan tentang masalah
identitas Indonesia dan karakter tropis sangat intensif, tidak hanya di kalangan
akademis tetapi juga dalam praktek. Beberapa arsitek Belanda, seperti Thomas
Karsten, Maclaine Pont, Thomas Nix, CP Wolf Schoemaker, dan banyak lainnya,
terlibat dalam wacana sangat produktif baik dalam akademik dan praksis. Bagian
yang paling menarik dalam perkembangan Arsitektur modern di Indonesia adalah periode sekitar 1930-an, ketika beberapa arsitek Belanda dan akademisi mengembangkan sebuah wacana baru yang dikenal sebagai "Indisch-Tropisch" yaitu
gaya arsitektur dan urbanisme di Indonesia yang dipengaruhi Belanda
yang paling menarik dalam perkembangan Arsitektur modern di Indonesia adalah periode sekitar 1930-an, ketika beberapa arsitek Belanda dan akademisi mengembangkan sebuah wacana baru yang dikenal sebagai "Indisch-Tropisch" yaitu
gaya arsitektur dan urbanisme di Indonesia yang dipengaruhi Belanda
Tipologi dari arsitektur kolonial Belanda; hampir bangunan besar luar koridor
yang memiliki fungsi ganda sebagai ruang perantara dan penyangga dari sinar
matahari langsung dan lebih besar atap dengan kemiringan yang lebih tinggi dan
kadang-kadang dibangun oleh dua lapis dengan ruang yang digunakan untuk
ventilasi panas udara.
Arsitek-arsitek Belanda mempunyai pendekatan yang baik berkaitan dengan alam
di mana bangunan ditempatkan. Kesadaran mereka dapat dilihat dari unsur
konstruksi orang yang sangat sadar dengan alam.
Dalam Sumalyo (1993,): Karsten pada tahun 1936 dilaporkan dalam artikel:
"Semarangse kantoorgebouwen" atau Dua Office Building di Semarang Jawa Tengah:
1. Pada semua lantai pertama dan kedua, ditempatkan pintu, jendela, dan
ventilasi yang lebar diantara dia rentang dua kolom. Ruangan untuk tiap lantai
sangat tinggi; 5, 25 m di lantai pertama dan 5 m untuk lantai dua. Ruangan yang
lebih tinggi, jendela dan ventilasi menjadi sistem yang baik untuk memungkinkan
sirkulasi udara di atap, ada lubang ventilasi di dinding atas (di atas jendela)
2. Disamping lebar ruang yang lebih tinggi, koridor terbuka di sisi Barat dan Timur
meliputi ruang utama dari sinar matahari langsung.
Ketika awal urbanisasi terjadi di Batavia (Jakarta), ada begitu banyak orang
membangun vila mewah di sekitar kota. Gaya arsitekturnya yang klasik tapi
beradaptasi dengan alam ditandai dengan banyak ventilasi, jendela dan koridor
terbuka banyak dipakai sebagai pelindung dari sinar matahari langsung.
Di Bandung, Villa Isolla adalah salah satu contoh arsitektur yang baik ini
(oleh Schoemaker1933)
3.villa isola
Arsitektur Kontemporer Indonesia
Setelah kemerdekaan pada tahun 1945, bangunan modern mengambil alih
Indonesia. Kondisi ini berlanjut ke tahun 1970-an dan 1980-an ketika
pertumbuhan eknomi yang cepat Indonesia yang mengarah pada program-program
pembangunan besar-besaran di setiap sector mulai dari skema rumah murah,
pabrik-pabrik, bandara, pusat perbelanjaan dan
Banyak proyek bergengsi yang dirancang oleh arsitek asing yang jarang diterapkan
diri mereka untuk merancang secara khusus untuk konteks Indonesia. Seperti halnya kota-kota besar di dunia, terutama di Asia, sebagai korban dari globalisasi terlepas dari sejarah lokal, iklim dan orientasi budaya.
diri mereka untuk merancang secara khusus untuk konteks Indonesia. Seperti halnya kota-kota besar di dunia, terutama di Asia, sebagai korban dari globalisasi terlepas dari sejarah lokal, iklim dan orientasi budaya.
Arsitektur modern Indonesia umumnya mulai di sekitar tahun 50an dengan
dominasi bentuk atap. Model bangunan era kolonial juga diperluas dengan teknik
dan peralatan baru seperti konstruksi beton, AC, dan perangkat lift. Namun,
sepuluh tahun setelah kemerdekaan, kondisi ekonomi di Indonesia belum cukup
kuat. Sebagai akibat, bangunan yang kurang berkualitas terpaksa lahir. Semua itu
sebagai upaya untuk menemukan arsitektur Indonesia modern, seperti halnya penggunaan bentuk atap joglo untuk bangunan modern.
dan peralatan baru seperti konstruksi beton, AC, dan perangkat lift. Namun,
sepuluh tahun setelah kemerdekaan, kondisi ekonomi di Indonesia belum cukup
kuat. Sebagai akibat, bangunan yang kurang berkualitas terpaksa lahir. Semua itu
sebagai upaya untuk menemukan arsitektur Indonesia modern, seperti halnya penggunaan bentuk atap joglo untuk bangunan modern.
Arsitektur perumahan berkembang luas pada tahun 1980-an ketika industri
perumahan booming. Rumah pribadi dengan arsitektur yang unik banyak lahir
tapi tidak dengan perumahan massal. Istilah rumah rakyat, rumah berkembang,
prototipe rumah, rumah murah, rumah sederhana, dan rumah utama dikenal baik bagi masyarakat. Jenis ini dibangun dengan ide ruang minimal, rasional konstruksi dan non konvensional (Sumintardja, 1978)
prototipe rumah, rumah murah, rumah sederhana, dan rumah utama dikenal baik bagi masyarakat. Jenis ini dibangun dengan ide ruang minimal, rasional konstruksi dan non konvensional (Sumintardja, 1978)
Permasalahan untuk Arsitektur Indonesia
Gerakan-gerakan baru dalam arsitektur seperti Modernisme, Dekonstruksi,
Postmodern, dll tampaknya juga diikuti di Indonesia terutama di Jawa. Namun,
dalam kenyataannya, mereka menyerap dalam bentuk luar saja, bukan ide-ide
dan proses berpikir itu sendiri. Jangan heran jika kemudian muncul pandangan
yang dangkal; "Kotak-kotak adalah Modern, Kotak berjenjang adalah pasca Modern"
(Atmadi, 1997). Arsitektur hanya hanya dilihat sebagai objek bukan sebagai lingkungan hidup.
(Atmadi, 1997). Arsitektur hanya hanya dilihat sebagai objek bukan sebagai lingkungan hidup.
Sumalyo, (1993) menyatakan bahwa pandangan umum arsitektur Barat: 'Purism', di mana untuk menunjuk Bentuk dan Fungsi, adalah berlawanan dengan konsep-konsep tradisi yang memiliki konteks dengan alam. Kartadiwirya, dalam Budihardjo (1989,) berpendapat, mengapa prinsip tropis 'nusantara' arsitektur jarang dipraktekkan di Indonesia adalah karena pemikiran dari proses perencanaan tidak pernah menjadi pemikiran. Mereka hanya hanya mengajarkan tentang perencanaan konvensional selama 35 tahun tanpa perubahan berarti sampai beberapa hari. Sayangnya hamper semua bahan pengajaran dalam arsitektur berasal dari cara berpikir Barat yang menurut Frick (1997) telah menghasilkan kelemahan arsitektur Indonesia. Dia juga menjelaskan bahwa Bahan menggunakan bangunan modern hanya karena alasan produksi massal yang lebih 'Barat' dan jauh dari tradisi setempat. Kondisi ini telah memicu penggunaan bahan yang tidak biasa dan tanpa kondisi lokal.
sumber : http://albertusfajarc.blogspot.co.id/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar